Selasa, 27 Mei 2014

Talam Goes to Google



Wow!.. itu kata yang pertama kali aku ucapkan dalam hati ketika kaki ini menginjakan di kantor Google Indonesia. Bagi sebagian orang mengunjungi kantor Google Indonesia adalah kesempatan emas dan sebuah privileged bisa mengunjungi kantor Google Indonesia. Kantor yang memberikan kenyaman bagi semua karyawan-karyawannya. Baik Google di Indonesia, maupun kantor-kantor representative Google di belahan Dunia lainnya . Gak salah donk, kalau aku bilang kerja di Google Indonesia itu adalah dambaan bagi siapa saja. Bolehlah dibilang kantor sejuta umat... Maka, ketika ada kesempatan untuk mengikuti Tour di kantor Google Indonesia, kesempatan itu tidak aku sia-sia kan.. Dan kesempatan itu datang, pada hari Sabtu 25 May 2014 aku berkesempatan mengunjungi kantor Google Indonesia. Bagi yang belum tahu dimana kantor Google Indonesia, inilah tempatnya. Beralamat di Gedung Sentral Senayan II, lantai 28, Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google? Dengan begitu banyak produk didalamnya dan cukup punya 1 akun, kita bebas menjelajah di semua laman dibawah naungan Google. Ada Youtube, G+ juga para blogger yang memakai bogspot sebagai blog pribadi mereka.


Tapi disini aku tidak akan membahas tentang Google dan peralatan canggihnya. Aku hanya akan membahas tentang begitu nyamannya menjadi karyawan di Google. Karena mereka memiliki fasilitas-fasilitas yang membuat karyawan yang bekerja di Google serasa bekerja di rumah sendiri. Bagi Google, karyawan itu adalah aset yang sangat berharga. Begitupula harusnya dengan perusahan-perusahan besar lainnya saya kira. Tapi terkadang, perusahaan-perusahaan besar tidak atau belum memperhatikan karyawan-karyawannya, dan harusnya mereka sadar bahwa karyawan adalah aset perusahaan yang paling berharga.


Dengan design kantor yang unik dan penuh kreatifitas membuat suasana kantor sangat nyaman bagi para karyawannya. Sepertinya kita berada di rumah sendiri. Bagi karyawan Google, kantor adalah rumah ke 2 mereka.  Coba tengok nama – nama ruang meeting yang ada di sana.  Alun-Alun, ini adalah ruang presentasi yang mirip dengan ruangan opera mini. Dengan sofa-sofa panjang yang menjadi tempat duduk berbentuk setengah lingkaran. Di tempat inilah dimana kami para blogger tadi berkumpul untuk mendengarkan paparan tentang Google oleh Mbak Eunike Kartini, Community Manager dari Google Indonesia.


Selain yang sudah aku sebutkan diatas tadi, Ada beberapa ruang meeting yang menggunakan nama Indonesia bingits...hehehe.. Ada Depot Rezeki, diperuntukkan meeting dengan client-client besar yang mendatangkan rezeki tentu saja. ‘Pangkalan Ojek’, Warung Pojok, Merdeka dan masih banyak lainnya. Sayangnya kami para Blogger tidak diperkenankan untuk mengambail gambar  dari ruangan meeting tersebut. Tadi sempat masuk kesalah satu ruang meeting ‘Merdeka’. DI sana ada 2 layar TV ukuran besar dan 1 layar TV touch screen di tengah-tengah meja meeting. Gunanya adalah TV touch screen untuk memindai para karyawan yang meeting tersebut, cukup masukan password  Voila!..mereka akan tersambung dengan kantor Google di seluruh dunia.

Selain ruang meeting yang cozy banget, fasilitas lainnya adalah ruang makan karyawan/pantry yang mereka sebut dengan ‘Warung Mbah Google’ hmm...disini para karyawan bisa makan apa aja sesuai dengan keiginan mereka..ya sesuai seperti warung gitu.. dengan bangku-bangku panjang yang terbuat dari kayu yang dirancang sesuai dengan warung-warung yang ada di Indonesia pada umumnya... Ada toples-toples yang berisi makanan ringan ada Kaleng kerupuk..wah bikin betah tuh lama-lama disana. 


Balik lagi bahwa Google sangat menghargai para karyawannya dan tahu gak sih? Bahwa terkadang mereka pergi ke kantor memakai pakain yang tak resmi.. celana pendek, jeans belel..dan waktu kerja yang fleksibel. Gak hanya berkutat di belakang meja, mereka bisa bekerja di sofa, kasur atau meja makan yang penting nyaman dan bisa berkreasi serta fokus dalam menyelesaikan tugasnya.. enak gak sih booo.. mau donk..#ngarep.com banget nih cerita nya...hahahaha

Dilantai atas adalah ruangan untuk bersantai. Hah? Ada ruang untuk bersantai? Yup..ada tenis meja, Ada treadmill, ada TV LCD dan perangkat untuk main game, Play Station.. dengan bantal-bantal dan cat yang warna warni serta ada sofa gantung..hadeuh..jadi pengen banget deh bisa kerja disana.. Apalagi disetiap sudut ruangan ada lemari es yang penuh dengan minuman ringan yang bisa kita ambil kapan saja..

Ada satu bagian lagi yang membuat aku begitu exicited.. Yup! waktu nya coret-coret dinding. Setiap tamu yang habis melakukan kunjungan di Google,wajib meninggalkan pesan di dinding ruangan kerja disana. Gimana gak exicited, dengan meninggalkan pesan didinding, aku berharap pesanku dapat dibaca oleh management Google..hehehehe..
Itulah hasil touring di kantor Google Indonesia.

Sebelumnya tour ini dimulai ada 2 sesi yang kita para blogger bisa ikuti yaitu paparan tentang Blogger Reporter Indonesia  oleh Mas Syaifuddin Sayuti beliau selain seorang blogger juga pemerhati di dunia pertelevisian di Indonesia. Setelah paparan tentang BRID, giliran mas Chandra Iman menyampaikan materi SEO. Wah..ini mah harus ikut..karena ini menyangkut aku punya website toko online.. dan blog pribadi juga ..Apalagi setahu aku, kalau mengikuti pelatihan SEO diluar sana itu mahal bo...
So there we go.. Talam aku sudah ada berada di Google.. Sampai juga akhirnya Talam produksi Mampang House of Talam ada di Google...Karena di touring ke kantor kemarin aku bawain teman-teman blogger Talam yang mendunia...


11 komentar:

  1. Erna .... tulisannya bagus. Jadi mau dong talamnya ... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you...ephoy..eh gw masih punya utang yak.. hiks.. Insya Allah Tgl 8 ya say gw dah niat mau kerumaheo, bawain buku RE,Talam n yg pasti..Klappertart (mudah2an msih ngidamnya) hahaha..

      Hapus
  2. Sejarah menukir nama ku makan talam di kantor google, dan talamnya enak banget. Terimakah talamnya ya Mba kemarin :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Indra..
      Makasih juga sudah mampir. Maaf baru balas, soalnya jaringan lambreta cin...:)

      Hapus
  3. keren bu, talamnya aja udah ke google. Saya masih belum xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..iya..ya..yuk injakkan kaki kesana kantor Google ada gel II tuh..

      Maaf ya baru dibalas..koneksi lagi jelek di Jagakarsa

      Hapus
  4. Talamnya udah aku coba, dan enyaaaak... mau agiiih.. haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dipesen...
      mampir donk ke website aku: www.houseoftalam.com
      ada banyak varian dari Talam...

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. wiih.. Nana dan talamnya terkenal bangeeeet!!!

    BalasHapus