Senin, 19 Mei 2014

SEMARAK HARI JADI YANG 236 MUSEUM NASIONAL INDONESIA



Ada yang tahu gak sih, kalau ternyata usia Museum Nasional Indonesia itu sudah 236 tahun? Hmm...ternyata jauh lebih tua dari usia Republik Indonesia itu sendiri. Hihihi..ternyata oh ternyata..

Seharusnya event ini aku bisa mengajak anak-anak, tapi sayang mereka sudah punya agenda acara sendiri-sendiri. Jadinya “jomblo’ deh ..untuk sementara waktu..

Sedikit melihat kebelakang sebentar tentang kelahiran Museum National. Museum Nasional didirikan pada tahun 24 April 1778 dengan nama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenscheppen. Yang disingkat BG. BG sendiri adalah suatu himpunan yang menganalisa semua aspek kebudayaan di Wilayah Hindia Belanda berserta masyarakat pendukungnya serta lingkungan alam melalui penelitian-penilitian oleh para ahli. Pada tahun 1950 BG berubah nama menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Namun, pada tahun 1962 lembaga ini dibubarkan tinggal museumnya saja yang tetap ada dan diberi nama Museum Pusat. Pada tahun 1979, diubah mejadi Museum Nasional.

Ok..lanjut..cukup cerita sejarahnya ya..soalnya sejarah berdirinya Museum Nasional...gak habis-habis nih kalo diceritain disini...
Yup! Mumpung masih liburan anak-anak SD..gak ada salahnya para orang tua, teman, handai taulan..yuk kita berkunjung ke Museum Nasional. Karena selama seminggu ini banyak kegiatan-kegiatan positif yang bisa kita ajarkan dan pelajari di Museum Nasional.

Yuk di cekidot jadwal acara selama festival berlangsung:
17 – 24 Mei 2014;
·        Pameran PotretMuseum Nasional, Dulu, Kini Dan Akan Datang’;
·        Demo dan Workshop Kreativitas Seni dan Karya
·        Pertunjukan Kesenian dan Film

5 – 24 Mei 2014
Lomba Kreativitas:
Penulisan Esai
Membuat Komik

23 Mei 2014
Seminar ‘Kekunaan Singhasari’
Seminar Museum yang bertajuk “Kekunaan Singhasari’

23 – 24 Mei 2014
Pertujukkan Video Mapping
Bertema tentang Kerajaan Singhasari, merupakan aktifivitas yang dikemas untuk masyarakat sebagai bentuk apresiasi Museum Nasional terhadap pelestarian dan promosi warisan budaya Indonesia.

Dan Jangan lupa juga tuh.. setiap Akhir Pekan @Museum Nasional ada Pentas Dongeng dari Teater Koma., so gak ada alasan donk untuk para jomblo sejati kalau malam minggu selalu kesepian, datang aja ke Museum Nasional.. Pas banget deh tuh waktu pementasannya ada yang jam 09.00, 10.00 dan jam 11.00...

Mengakhiri kegiatan festival  “Hari International Museum 2014 dan 236 Tahun MNI” museum Nasional turut berpatisipasi pada event Jakarta Festival Museum Day 2014 di kawasan Kota Tua.
Yuk..! kita meriahkan dengan hadir di acara festival tersebut berlangsung...masih lama nih waktunya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar