Jumat, 09 Mei 2014

Baby Dolphin- Program Konvervasi Ocean Dream Samudra, Ancol



'Ma, kita bawa kado gak? Kan kita mau tengokin Baby Dolphin?" hahaha..
“Babynya pasti lucu dan imut-imut ya Mah? Aku Cuma tersenyum saja. Melihat wajah Radinka anak bungsuku yang membayangkan akan bayi Lumba-Lumba. Radinka memang senang dengan sesuatu yang kecil, dan imut-imut..seperti anak kelinci, anak kucing dan lain-lain..yang penting masih kecil dan enak di gendong-gendong...hehehehe...Itulah percakapan antara aku dan anak-anakku dalam perjalanan menuju Ancol, tempat dimana kami mengikuti peliputan Konferensi Pers atas kelahiran Bayi Lumba-Lumba hasil program konservasi dari Ocean Dream Samudra, Ancol.
Perjalanan kami dimulai dari Halte Ragunan, menuju Halte Duku Atas. Selanjutnya kami mengambil rute yang menuju Pulo Gadung transit di Halte Matraman. Dari Matraman ambil jurusan Ancol. Dengan total memakan waktu kurang lebih 3 jam sampailah kami di pemberhentian terakhir halte, Ancol. Tepat jam 9 pagi kami sudah di Ancol.
Begitu sampai, aku dan anak-anakku gak langsung masuk, masih terlalu pagi dari jadwal yang ditetapkan. Sekalian nunggu teman-teman blogger yang lain datang kami asyik menikmati bekal yang sudah aku siapkan sebelumnya. Habis separo dari persediaan yang aku bawa..ah rupanya anak-anakku sudah lapar..hahaha.. Jam 9.45 Maria Novita datang bersama anaknya. Barulah kami masuk dan menuju mobil Wara-Wiri yang siapa mengantar para pengunjung ke tujuan di dalam Taman Rekreasi Ancol.
1399698096473510040
Sampailah kami di Kawasaan rekreasi dengan konsep edutainment dan konservasi laut Ocean Dream Samudra Ancol. Saat ini Kawasan ODS sedang diliputi kebahagiaan. Karena kawasan rekreasi ini kedatangan penghuni baru yaitu Baby Dolphin yang baru dilahirkan pada tanggal 28 Maret 2014 jam 11.11 dari induk lumba-lumba yang bernama Puji dan pasangannya Rio, si Pejantan Tangguh... Baby Dolpin ini melengkapi genap angka 28 jumlah lumba-lumba yang berada di Kawasan konservase ex-situ lumba-umba(dolphinarium).
Induk lumba-lumba Puji yang dipasangkan dengan Pejantan Tangguh, Rio merupakan makhluk mamalia yang berhasil melahirkan bayinya secara normal setelah 13 bulan mengandung. Lama kaliii... Anakku yang ke 2 ku kandung selama 10 bulan..hmmm apalagi 13 bulan, gak kebayang..
Sama seperti perempuan hamil pada umumnya, Lumba- lumba Puji juga mengalami serangkaian cek kesehatan dan menjalani USG untuk memantau perkembangan baby dolphin yang ada dalam kandungan. Sejak tanda-tanda kehamilan terdeteksi pada Juli 2013, tim kesehatan Ocean Dream Samudra segera melakukan USG dan terlihat janin bayi lumba-lumba sepanjang 18 cm.
13996981851327685547
Tanggal 28 Maret 2014 Induk lumba-lumba Puji mengalami kontraksi dan terlihat ekor bayi umba-lumba keluar dari vagina si induk. Berdeda dengan mamalia lainnya, yang kelahiran normal dimulai dengan kepala dulu, kelahiran lumba-lumba dimulai dengan ekor terlebih dahulu atau disebut dengan “fluke”. Bayi lumba-lumba juga menyusui dan di 2 minggu pertama adalah waktu yang sangat penting bagi si bayi lumba-lumba dan ibunya. Si Ibu lumba-lumba juga butuh asupan gizi dan nutrisi yang lengkap untuk mendapatkan kualitas ASI bagi si bayi lumba-lumba. Setiap hari induk lumba-lumba mendapatkan 12kg ikan dan juga mendaptkan multivitamin dan suplemen tambahan. Demikian konprensi pers yang di sampaikan oleh Bapak Sunarto selaku Manager ODS.
Ocean Dream Samudra Ancol adalah theme park ketiga yang dikembangkan oleh Ancol Taman Impian yang sebeumnya bernama Gelanggang Samudra. ODS merupakan edutainment theme park bernuaqnsa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.
Ocean Dream Samudra juga menjadi konversi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan management lumba-umba paling lengkap, meiputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam penampunganj lumba-lumba , water treatment, trainer/keeper, pengadaan pakan dan supplemen yang berkualitas, laboratorium, paramedis dan dokter hewan.
Selain konverensi pers kelahiran bayi lumba-lumba juga diluncurkan kartu keanggotaan tahunan Dolphi Card untuk kartu keanggotaan Ocean Dream Samudra dan Doki Card adalah kartu keanggotaan Atlantis Water Adventure. Dengan harga Rp. 120,000/tahun anda sudah bisa menikmati rekreasi di kedua kawasan rekreasi tersebut selama setahun penuh dan bebas setiap hari berlakunya juga pada hari minggu atau liburan sekolah.

Selamat berlibur bersama keluarga di Ocean Dream Samudra..!

2 komentar:

  1. Baca alinea awal, langsung senyum mantap, aline pertamanya menggugah pembaca untuk terus membaca...BTW, bayi lumba2 hebat ya? lahir langsung bisa berenang gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bayi manusia lahir belum tentu bisa berenang ya Mas ? he,, he,, he,,, :D

      Hapus