Jumat, 27 Juni 2014

Investasi Jangka Panjang? Ya di Properti..



Siapa yang tidak tahu akan nama besar Sinar Mas Land di property Industry? Perusahaan pengembang property yang sudah 40 tahun pengalaman. Yang terkemuka di Asia Tenggara. Kalian tahu berapa banyak proyek besar yang sudah mereka tangani dan berapa luas haktar tanah yang mereka punyai? Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan dan luas tanah lebih dari 10,000 ha land bank.  Selain dikenal dengan pengembangan Kota Mandiri (BSD City Development) juga pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster (seperti Kota Wisata,  Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Selain kedua yang telah disebutkan diatas, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Centre (ITC) di Indonesia.




Pada hari Senin, 23 June 2014 lalu bertempat di Launge XXI, Plaza Senayan, Jakarta, Sinar Mas Land mengadakan Financial Workshop: Investment in Property. Hadir diacara tersebut Aidil Akbar Madjid, MBA, Pak Ishak Chandra dan Pak Ignesz Kemalawarta.
Pembicara pertama yaitu pak Aidil Akbar dalam presentasi beliau memaparkan bahwa Investasi pada properti sebagai bagian dari alokasi asset. Beliau mengatakan bahwa hampir semua aset yang beliau punya adalah di properti. Dan Saat ini beliau juga mengelola kost-kost Putri sebagai bagian dari pengelolaan aset yang beliau punyai. Meski sektor properti saat ini tengah mengalami penurunan karena terkait kredit pemilikan rumah (KPR), namun bisnis di sektor ini diyakini masih memiliki nilai lebih dibanding investasi di sektor lain, seperti saham, emas dan lain lain lanjut Pak Aidil. Mengetahui track record dari pengembang adalah tips untuk membeli properti sebagai investasi. Apakah si pengembang ini adalah perusahaan bagus atau tidak. Selain track record si pengembang, syarat lain untuk investasi dibidang properti ini adalah lokasi, lokasi, lokasi dan harga yang terjangkau. Juga harus diperhatikan standard fasilitas yang disediakan oleh pengembang. Standard fasiitas biasanya adanya Sekolah, Rumah Sakit, tempat Ibadah, dan tempat berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari.
  

Ada yang menarik apa yang dipaparkan oleh Pembicara kedua yaitu Pak Ishak Chandra, sebagai  Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land. Beliau memaparkan tujuan investasi di bidang properti adalah untuk mendapatkan profit, income yang bisa di prediksi dan properti adalah investasi jangka panjang. Yang menarik adalah dengan penghasilan gaji 4 juta sebulan kita juga bisa berinvestasi bahkan bisa membeli mobil dalam 5 tahun ke depan. Tergantung bagaimana kita mengelola penghasilan. Merujuk pada Li Ka-Shing, tokoh motivator yang juga seorang investor berkata , Tidak peduli seberapa banyak uang yang kamu dapatkan, selalu ingat untuk membagi uangmu ke dalam 5 bagian yang proposional. Yaitu: Investment 25%, living expenses 30%; Making friends 20%; Education 15% dan terkakhir Holiday sebesar 10%. Properti adalah pilihan investasi jangka panjang yang cukup bagus.

Pak Ignesz adalah pembicara terakhir dalam Financial Workshop: Investasi in Property. Beliau memaparkan beberapa hal regulasi terkait investasi property ini.  Selain itu, di workshop Financial bersama Sinar Mas Land ini juga diumumkan Lomba Young Architect Competition 2014 yang dapat diikuti oleh mahasiswa arsitektur dan arsitek muda Indonesia dengan total hadiah 525 juta rupiah.

Demikian saya sampaikan hasil reportase semoga bermanfaat bagi kita yang sedang bingung untuk mencari investasi apa yang tepat untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar