Senin, 25 Agustus 2014

Laksa, Sayur Seribu Bumbu






Siapa yang tidak tahu sayur Laksa? Pasti sudah pernah mencoba kan? ada Laksa Bogor, Laksa Medan, Laksa Betawi.  Yang aku bahas disini tentang sayur laksa khas Betawi. Salah satu makanan khas masyarakat Betawi di hari Raya. Ketupat Laksa
Laksa berasal dari bahasa Sanksekerta ‘Laksha’ yang berarti ‘banyak’. Kalau kata Emak, sayur laksa itu adalah sayur seribu bumbu. Gimana gak banyak, semua bumbu masuk ke dalam bahan untuk pembuatan Laksa. Dari Jahe, langkuas, kunyit, kemiri, bawangmerah/putih, cabe merah kecil dan besar, lada, ketumbar, jinten, cengkeh, pala, daun salam sereh jangan lupa pake udang rebon atau Ebi...yukk...semuanya gabung di dalam panci...:)

Lebaran yang baru lalu, di rumah besar kami, masak 3 jenis sayur untuk temannya ketupat. Sayur Godog, Laksa dan Opor. Gak lupa ada semur daging. Laksa yang biasa disajikan oleh keluarga besar kami yaitu laksa yang disajikan dengan kacang ijo muda/mentah, bihun, daun kucai ditambah semur daging sebagai pelengkap.

Tahun ini, semua sanak family kumpul di rumah Emak, rumah di Mampang, Besan, ponakan, ipar-ipar, sepupu sampe cucu-cucu semua kumpul berlebaran hari kedua di Mampang. Jadi kami masak lebih banyak dari biasanya.  Selain itu juga karena ada pesanan dari luar yang ingin mencoba laksa buatan keluarga kami. Jadilah kami masak untuk kurang lebih 100 porsi laksa plus sayur godog. Gak kebayang donk, masak laksa dan sayur godog untuk 100 porsi.. belum semur daging, belum opor ayamnya, belum ketupatnya.. hmmmm...cape booo tapi ya itu menyenangkan, karena Laksa resep emak.. maknyus..! Gak percaya? coba kemarin Lebaran mampir ke rumah..bisa ngerasain deh... Laksa buatan Emak.. hehehehe..



Sumber Gambar Mbah Google
Laksa, sayur seribu bumbu.. begini nih cara masak persi Emak..
Bumbu-bumbu seperti: langkuas, jahe, kunyit, kencur, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe merah keriting, kemiri termasuk ebi direbus jadi satu. Setelah direbus digiling halus bersama lada, ketumbar, jinten, pala dan batang sereh. Selain bumbu-bumbu diatas, dibutuhkan pula kelapa muda parut untuk digiling / dihaluskan bersama bumbu-bumbu tersebut. Kelapa tua parut di gongseng bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.  Dan kelapa tua untuk dibuat santan. Untuk membuat 100 porsi laksa, dibutuhkan masing-masing bumbu itu ½ kg, yang direbus dan dihaluskan bersamaan. Dibutuhkan 3-4 buah butir kelapa muda parut, 3-4 butir kelapa tua parut, dan santan dari 4-5 butir kelapa yang tua.


Gambar dari mbah Google 

Setelah bumbu-bumbu direbus, kemudian dhaluskan bersama kelapa muda parut. Setelah itu bumbu yang telah dihaluskan tadi digongseng (digoreng tanpa minyak) sampai kering. Karena di proses goreng tanpa mintak tadi, akan keluar minyak dari bumbu dan kelapa. Setelah berupa butiran-butiran halus agak kasar, diamkan selama beberapa jam. Setelah di diamkan, masak santan yang terbuat dari 4-5 butir kelapa tua. Masukkan bumbu ke dalam santan dan aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. Proses masak ini memakan waktu 1 jam.


Laksa seribu bumbu ini disajikan dengan kacang hijau mentah yang telah di rendam semalam, daun kucai, daun kemangi serta bihun dan kerupuk merah. Tambahan untuk laksa ini adalah semur daging Betawi yang hitam pekat dan empuk dagingnya. Ditaburi dengan bawang goreng untuk menambah sedap rasa..hmmm Selamat mencoba.. kalau hasilnya kurang enak, pesen di aku aja ya.. :)

 
sumber mbah Googlelagi nih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar