Selasa, 25 November 2014

KPK Grebek Kampung Wisata Rumah Joglo di Bogor



Ini kali ke 3 ikutan Grebeg KPK. Tujuan KPK Grebeg kali ini adalah Kampung Wisata Rumah Joglo, di daerah Ciampea, Bogor. Sesuai dengan namanya Rumah Joglo, banyak terdapat bangunan-bangunan rumah khas dari Jawa. Pendopo-pendopo tempat istirahat, juga tentunya Rumah Joglo. Ada beberapa rumah joglo di Kampung Wisata ini, yang dibuat penginapan. Kampung Wisata ini juga di lengkapi tempat rekreasi seperti, Outbond, Kolam Renang, Camping Ranch, Pointball, Pemancingan dan Rafting. 

Menuju ke Kampung Wisata ini cukup jauh…(tidak berlaku bagi yang tinggal di Bogor ya..hahahaha)
Setelah turun dari kereta di Stasiun Bogor, kami dijemput pake Angkot. And you know what? Angkot kami ditilang. Karena berhenti terlalu lama dan juga itu bukan rute yang dilalui Angkot kami… Memakan waktu 1jam perjalanan, akhirnya sampailah di Kampung Wisata Rumah Joglo.  Cukup jauh memang, rute yang harus dilewati.

Dalam perjalanan yang cukup jauh tadi, tentu saja rasa lapar menyerang. Kali ini, Bogor yang kurang bersahabat dalam menyambut kedatangan saya dan team, cukup panas. Wow! Ternyata tempat yang kami tuju buat Grebeg kali ini cukup bagus.. berada di tengah-tengah perkampungan dan suasana kampung di Jawa Tengah sangat kental. Koq bisa? Ada perkampungan Solo di Bogor? Hahaha itu yang terlintas di benak aku.


Sesampai disana, kami benar-benar menikmati pemandangan dan suasana perkampungan seperti di Jawa Tengah sana. Rumah-rumah Joglo, pendopo-pendopo dan peralatan dari kursi, meja, radio hingga peralatan rumah tangga lainnya. Serta dekorasi adat Jawa yang sangat kental di ruang penjamuan Pendopo utama. Yaitu café Semar.

Saatnya bagi kami para grebegers menikmati sajian yang khas dari Rumah Joglo, yaitu Gurame Dabu-dabu dan Gurame Sambel Mangga. Bumbu-bumbu tersebut langsung diracik dan dimasak di hadapan kami para ponggawa KPK. Gimana gak bikin tambah laper, mencium aroma daun jeruk dan sereh yang dimasak hingga aroma mangga dan kacang yang dibuat, bikin air liur kami naik turun menahan rasa lapar… Selain demo masak Gurame tadi, diperagakan juga untuk minuman yang menambah aliran air liur semakin cepat naik-turunnya…hahaha.. Avocado Float, Just Melon yang dikombinasikan dengan lemon dan soda serta Es Putri Salju yang khas dari rumah joglo. Hmmm.. nikmatnya.



Dengan ukuran ikan gurame 2kg cukup bagi kami para grebegers melahap semua yang ada di atas meja hidangan. Plus tumis kangkung dan pasangan abadi, kata temanku yaitu tahu-tempe menambah kenikamatan menyantap makanan tersebut di Rumah Joglo. Hingga yang tersisa hanya tulang belulang, piring-piring kosong bertaburan satu-dua butiran nasi dan sisa-sisa dari sambal mangga dan dabu-dabu .


Bagi yang mempunyai keluarga besar dan sering mengadakan arisan keluarga ataupun acara lainnya, mengunjungi kampung Wisata Rumah Joiglo di Bogor ini bisa menjadi alternatif pilihan. Apalagi dengan adanya objek wisata alam yang pas untuk anak-anak hingga orang dewasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar