Selasa, 25 November 2014

Ghulab Kheer di Festival Dwali, The Colours of India - Kempinski Indonesia


Bertepatan dengan Festival Divali, pada Oktober yang baru lalu, Signature Restaurant – Kempinski Indonesia menyajikan aneka masakan khas India. The Colours of India, itu tema yang diusung dari the Signature Restaurant – Kempinski Indonesia dalam menyambut  Festival Divali,  adalah perayaan besar umat Hindu di India terutama atau yang biasa disebut dengan Festival Cahaya.

Suatu kehormatan bagi diriku mendapat undangan dari Kempinski Indonesia untuk mencicipi kuliner  dari India di restoran mereka. Apalagi dengan Chef Ashwani Kumar Singh yang didatangkan langsung dari India untuk memasak masakan dan disajikan kepada para pengunjung atau undangan yang hadir di Signatures Restaurant. Rasa keingintahuan dan lidah yang sudah tidak sabar ingin mencicipi masakan khas India ini , mengiyakan undangan dari Kempinski dengan excited!.

Tentang Chef Ashwani Kumar Singh

Dok. Fitri - Chef Ashwani

Chef yang sudah 17 tahun malang melintang di dunia permasakan ini, sangat ramah dalam menyambut saya untuk ke dua kali kunjungan di Signatures Restaurant. Kali kedua kunjungan saya ini khusus untuk mengetahui lebih dalam tentang Ghulab Kheer. Makanan yang cukup terkenal dan banyak disajikan pada perayaan besar seperti Festival Divali ini. Pertama kali bertemu, banyak yang mengira beliau ini duplikat dari Shah Rukh Khan…hahahaha..

Chef Ashwani mempunyai satu anak  yang akan berumur 6 tahun pada February mendatang dan istri yang cantik ini sekarang bekerja sebagai Chef De Cuisine at Kempinski Ambaince Hotel Delhi, India. Khusus di datangkan langsung ke Indonesia untuk memasak makanan India pada Festival The Colours of India yang diadakan oleh Kempinksi Indonesia.
Chef Ashwani memulai karirnya di Indian Institute of Management Bisnis di Patna, Bihar pada tahun 1994-1997. Pada tahun 1997, Ia bekerja dengan Welcome Heritage, kelompok ITC hotel. Setelah itu, ia bergabung dengan The Oberoi, New Delhi pada tahun 1999. Kemudian bekerja sama dengan The Carlson Group, Park Plaza, Noida sebagai anggota tim, pada tahun 2008. Untuk menambah pengalaman di bidang kuliner, Chef Ashwani bergabung ke The Claridges sebagai banquet Sous Chef.  


Kali kedua kunjungan ini, saya diperkenalkan dengan begitu banyak makanan khas India lainnya. Ada kurang lebih 11 makanan yang disajikan kepada saya dan teman saya untuk dicoba.  Tentu saja tidak semua makanan tersebut masuk kedalam perut saya, icip sana icip sini cukup sudahmembuat perut saya penuh, dan pasti nya eunakk.  Yang terpenting saya bisa merasakan makanan-makanan tersebut, apalagi ditemani dengan Chef Shah Rukh Khan…hahahaha (Tulisan yang ke dua, photo-photo dan sedikit info tentang ke 11 makanan)



Ghulab Kheer
 
Ghulab Kheer

Ghulab Kheer ini terbuat dari beras, susu kental manis, susu segar,  air mawar dan bunga mawar yang sudah dikeringkan. Mawar kering adalah satu bahan yang harus ada untuk Ghulab Kheer ini. Itulah yang menjadi ciri khas dari  Ghulab Kheer. Gurih, manis dan wangi. Toping yang biasa di gunakan adalag kacang almond yang dicincang kasar.

Ghulab Kheer biasa dimakan oleh orang India bagian Selatan. Karena India bagian Utara banyak mengkonsumsi roti bukan nasi.

Sangat beruntung sekali aku bisa langsung dipandu oleh Chef Ashwani dalam pembuatan Ghulab Kheer ini. Karena memang menu ini sangat mudah memasaknya dan persiapan pun tidak terlalu lama. untuk bahan-bahannya, semua bisa kita dapatkan di Jakarta. Tanpa perlu mendatangkan dari India sana. Tidak seperti menu-menu masakan India lainnya, yang harus didatangkan langsung dari India.


Untuk Ghulab Kheer sendiri lebih enak memang memakai beras Basphati. Karena tekstur dari beras tersebut yang tidak banyak memakai air ketika proses pemasakan. Kalau beras kita, banyak makan air. Jadi waktu yang diperlukana lebih lama untuk merebus beras itu sendiri. Nutrisi dari  susupun akan berkurang.

Bagi aku, Ghulab Kheer ini sangatlah istimewa. Selain saya sudah mencoba sendiri dirumah, setiap saya memasak Ghulab Kheer ini, pasti teringat Chef Ashwani yang mengajarkan langsung ke saya. Berikut tata cara dan tips untuk memasak Ghulab Kheer.

Bahan-bahan:
Beras Bhaspati ½ gelas
½ kaleng Susu Kental Manis
½ gelas air matang
500 cc Susu Segar cair
½ Gelas Air Mawar
Mawar Kering
2 butir kapulaga yang sudah dihancurkan.
Kacang Almond


Cara Membuat:
Campur susu kental manis dan air matang dalam panci. Aduk-aduk dalam api kecil. Kemudian tuang susu cair segar. Aduk-aduk kembali, lalu masukkan beras Bhaspathi yang sudah direndam 2 jam.  Aduk terus hingga lunak dan mengental. Lalu tambahkan mawar kering dan sedikit kapulaga, sambil terus diaduk-aduk. Kemudian tambahakan air mawar dan aduk-aduk kembali hingga matang. Sajikan dengan taburi kacang almond yang sudah dicincang kasar.

Tips:
Beras Bhaspati dapat diganti dengan beras lokal. Caranya. Rendam beras lebih lama sekitar 3-5 jam. Setelah itu ditiriskan dan kemudian ditumbuk kasar.


Team Chef






Tidak ada komentar:

Posting Komentar