Kamis, 02 Oktober 2014

Pindang Tulang Iga




Lebaran Idul Adha sudah deket kan?.. bingung mau masak olahan daging seperti apa? Dari dapur Mampang House of Talam ada  beberapa menu yang bisa dicoba. Semur Daging khas Betawi dan Pindang Tulang Iga. Spesial buat Lebaran Idul Adha tahun ini resep untuk berbagi adalah Pindang Tulang Iga untuk 4-5 porsi.

Resep Pindang Tulang Iga ala Emak, adalah menu andalan keluarga besar kami di Mampang. Terutama bila ada acara kumpul-kumpul keluarga atau paling tidak buat hidangan sedikit istimewa buat keluarga. STulang Iga yang dipiih biasa nya tulang Iga dengan dbungkusan daging yang banyak. Emak suka menyebut Tulang Iga tersebut dengan sebutan Tulang Iga Jambrong. Kenapa Jambrong, karena seperti janggut lebat. Semoga resep Pindang Tulang Iga Emak ini bisa menjadi pilihan bagi anda penikmat Tulang Iga dengan sajian berbeda.

Pindang Tulang Iga
4-5 porsi


Bahan-bahan:
1 kg Tulang Iga Sapi atau Kerbau. Pilih Tulang Iga yang banyak dagingnya (kami menyebutnya dengan Tulang Iga ‘Jambrong’)
¼ kg daging slimpiran atau Tetelan

Bumbu-bumbu:
½ sendok makan Lada, Jinten, Ketumbar
5 buah Kemiri
4 siung Bawang Putih & Merah
5 buah cabe merah besar
5 buah cabe merah keriting
1 ruas jari langkuas, kunyit, jahe
5 lembar daun salam

Cara Pembuatan:
Rebus Tulang Iga dan daging tetelan selama 1 jam. Selama proses perebusan, bakar semua bumbu-bumbu. Atau bisa juga di gongseng (digoreng tanpa minyak) hingga kehitaman. Jangan sampai hangus. Setelah semua bumbu di bakar, dihaluskan lalu ditumis. Setelah ditumis, masukkan bumbu halus ke dalam rebusan Tulang Iga. Beri beberapa lembar daun salam dan irisan tomat. Masukkan garam dan sedikit gula. Setelah Tulang Iga empuk, angkat dan siap disajikan panas bersama sambal cak-cak dan asinan.


 Selamat Menikmati.

1 komentar:

  1. Contek rwsepnya yaa. Gongseng itu sama dengan sangrai ya,bun?

    BalasHapus