Jumat, 03 Oktober 2014

Nasi Ulam





Sebagian besar penduduk Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok. Beras dan nasi memang tidak telah menjadi bagian tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Jika belum memakan nasi, rasanya belum puas perut ini. Berbagai macam olahan nasi menjadi ciri khas dari daerah-daerah di Indonesia.

Di daerah Jakarta ada Nasi Uduk, Nasi Ulam dan Nasi Kebuli. Nasi Uduk sangat banyak bisa dijumpai. Tidak Cuma siang hari orang banyak yang berjualan, tapi malam hari pun ada juga. Seperti didaerah Jakarta Barat. Tepatnya daerah Palmerah, Rawa Belong dan sekitarnya. Penjual Nasi Uduk khas Betawi sangat banyak dan semuanya enak-enak. Menunya dari semur daging hingga semur jengkol tersedia disana. Yang jarang dijumpai adalah Nasi Ulam dan Nasi Kebuli. Nasi Ulam. Tidak banyak penjual Nasi Uduk berdampingan jualan Nasi Ulam. Entahlah karena apa Nasi Ulam seperti tenggelam dengan ketenaran Nasi Uduk. Nasi Kebuli juga sudah sangat jarang dijumpai. Kecuali dalam acara-acara spesial.

Kali iniberbagi resep Nasi Ulam. Resep yang sudah turun temurun di keluarga besar aku. Resep ini masih di pertahankan hingga kini, meskipun Emak sudah tidak berjualan Nasi Ula lagi. Kami hanya membuat jika ada pesanan atau sekedar ingin makan di waktu yang spesial maka Emak akan membuat Nasi Ulam.

Berikut Resep untuk Nasi Ulam

Bahan-Bahan:
3 liter beras, rendam 2-3 jam
¼ cabe merah besar
¼ cabe merah keriting
1 ons Ebi
5-6 batang sereh
1 butir kelapa sedang  parut kasar
¼ gula merah
1 ruas jari langkuas
3-5 lembar daun salam
½ kg bawang merah, di goreng
¼ kacang Ijo mentah , rendam semalam
1 ikat daun kemangi
2 Timun potong-potong

Cara Membuat:
Tumbuk halus, cabe merah besar, batang sereh yang diiris halus, cabe merah keriting, dan Ebi. Setelah halus campur dengan parutan kelapa yang sedang. Tumis tambahkan air 1/4 gelas dan irisan gula merah, aduk-aduk hingga bumbu mengering. Proses ini memakan waktu kurang lebih 45 menit.
Masak nasi bersama daun salam, langkuas dan sereh beri garam secukupnya. Setelah nasi jadi aronan kukus selama 30 menit.
Sajikan nasi ulam dengan bumbu, semur daging, tahu atau kentang. Beri kacang hijau yang telah direndam semalaman, daun kemangi serta irisan ketimun. Jangan lupa sambel kacang dan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar