Kamis, 18 Desember 2014

Sego Abang, Murah Meriah, Enak dan Tak Terlupakan


Ketika kita melakukan perjalanan keluar kota, gak sah rasanya jika kita tidak mencoba sesuatu yang spesial dari kota yang kita kunjungi tersebut.

Pada Desember  awal yang baru lalu, kami ber lima mengadakan perjalanan keluar kota menuju Kota Jogjakarta. Sudah pada hafal donk kuliner apa saja yang banyak dari Kota Gudeg tersebut. Selain Gudeg, Lesehan di pinggiran seputar Malioboro, Angkringan nya juga ada Bakpia Patuk. Kami mulai menjajaki kuliner yang sedikit berbeda dan berada sedikit jauh dari pusat kota Jogja. Tepatnya berada di daerah Grojogan Bantul. Jl. Imogiri KM 7,5. Warung Gobang - Sego Abang ini tepat di pinggiran Jalan. Dengan Lahan parkir yang cukup menampung kendaraan lebih dari 10 serta ruang lesehan yang cukup asri. Fasilitas lain, mushola dan tentu saja kamar mandi yang bersih. 


Udara Jogja pada saat kami berkunjung kesana mendung dan mengundang selera makan kami yang memang sedari pagi kami sangat menantikan untuk makan disini. (Padahal aku sendiri sudah makan semangkok soto ayam khas Jogja loh...hahaha) gak cukup rasa nya perut ini dan lidah ini ingin dimanjakan dengan Sego Abang ini.


Sego yang berarti Nasi dan Abang yang berarti Merah. Yup..Warung Gobang ini menyediakan Nasi Merah sebagai menu utama mereka dan tentu saja favorit dari warung ini. Ya.. namanya Warung Gobang - Warung Sego Abang. Hanya Nasi Merah yang ada, meskipun tidak menutup kemungkinan, ketika kita minta nasi putih, akan disiapkan juga.

Nasi Merah yang ada Warung Gobang ini sangat-sangat lembut dan tidak dicampur dengan beras putih sebagaimana saya sering melihat orang mencampurkan ketika memasak beras merah. Dan ahay! nasi ini begitu lembut, lunak, pulen dan entah apalagi untuk menggambarkan betapa beras merah yang dimasak disni bisa begitu lembut. Ketika dinginpun tidak mengeras. Hmm...uenakk tenan..! apalagi dipadu padan dengan ayam bakar bumbu rujak yang bumbunya meresap hingga ke tulang serta tumisan daun pepaya yang tidak pahit sama sekali. Ditambah dengan sayur tempe lombok hijau, lengkap sudah kesederhanaan dari Warung Gobang ini yang mampu menggoyang lidah aku dan menyimpan kuat di memori otak untuk bisa kembali lagi ke sini suatu hari nanti. Dan tak lupa minumam teh poci yang disajikan di Poci yag terbuat dari tanah liat dengan gula batu yang terpisah. 


Gak salah kalau aku pribadi sangat merekomendasikan Warung Gobang ini untuk tujuan kuliner bagi teman-teman yang berkunjung ke Jogjakarta.

Warung Nasi Merah Gobang
Jl. Imogiri Timur Km 7,5, Grojogan Bantul
Jogjakarta
Telp. : 0274 - 7839890

  


4 komentar:

  1. swedaaapppp.... ga nyobain sate kuda Kranggan tho mbak errna hehee

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mbak Erna, gerebek Warung Gobang koq mboten ajak-ajak KPK ...

    BalasHapus